Senin, 03 Agustus 2020

Puncak Gunung Ranu Kumbolo? Tips Disini


Travelingkuy88 - Puncak Gunung Ranu Kumbolo? Tips Disini Cara terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Semeru adalah camping. Salah satu spot favorit adalah Ranu Kumbolo. Tetapi sayang, tempat ini menjadi cepat rusak karena banyaknya jumlah wisatawan yang berkemah di sini. Bagi kalian yang ingin berkemah ke Ranu Kumbolo, sebaiknya perhatikan tips berikut ini.

1. Bawa semua peralatan camping
Akses jalan menuju Ranu Kumbolo tidaklah mulus. Sebaiknya bawalah semua peralatan kemah yang dibutuhkan agar kalian tidak bolak-balik naik turun Ranu Kumbolo. Peralatan seperti tenda, matras, alat-alat masak, selimut, senter dan obat-obatan jangan sampai terlupakan. Berhubung karena suhu udara di Ranu Kumbolo sangat dingin, sebaiknya bawa jaket tebal ya.

2. Perhatikan tempat mendirikan tenda
Aturan tentang mendirikan tenda masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Ada dua area yang diperbolehkan yaitu area savana dekat pos turun dan area shelter di balik bukit. Pilih salah satu tempat di antara dua tempat tersebut. Jangan pernah mendirikan tenda di luar dari tempat yang disebutkan jika kalian ingin selamat sepulang berkemah nanti.

3. Perhatikan batasan mendirikan tenda
Tips berkemah di Ranu Kumbolo selanjutnya adalah batasan tenda. Sesampainya di atas, kalian bisa melihat garis batas tempat mendirikan tenda. Jarak yang diperbolehkan adalah 15 meter dari bibir danau. Tujuannya tak lain agar lokasi di sekitar danau tetap bersih dan terhindar dari bak sampah. Meskipun garis batas ini sudah jelas terlihat, masih ada saja pengunjung yang usil. Semoga kalian tetap taat pada peraturan ya.

4. Cuci semua peralatan di lokasi yang tepat
Lokasi mencuci peralatan yang diperbolehkan adalah 15 meter dari bibir danau. Di luar daripada itu tidak. Selain itu, pengunjung disarankan untuk membuat area galian yang berguna sebagai tempat mencuci dan membuang sampah. Dengan demikian, danau tidak tercemar.

5. Mengetahui aturan buang air
Ada 6 toilet yang tersedia di Ranu Kumbolo. Tetapi toilet belum memiliki bak atau keran air, sehingga pengunjung harus menimba air dari danau saat ingin buang air kecil maupun besar. Hindari buang air disembarang tempat. Ingat, pengunjung tetap harus sopan dan menjaga kebersihan selama berada di Ranu Kumbolo.

6. Jangan mandi di dalam danau
Pengunjung tidak diperbolehkan mandi di dalam danau kalau masih ingin menikmati indahnya dunia ini. Ranu Kumbolo memiliki kedalaman 28 meter, jadi mustahil rasanya kalau kalian bisa mandi dengan selamat di dalam danau. Selain karena dalam, suhu air di Ranu Kumbolo juga tidak dapat diprediksi, kadang bersahabat, kadang cukup ekstrem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar