Kamis, 23 Juli 2020

Seger nya Minuman Khas Tanggerang

Travelingkuy - Terkenal dengan sebutan “Penyangga Ibu Kota”, Tangerang memang menjadi salah satu kota teramai di Indonesia. Keramaian Tangerang pun bukan tanpa alasan, mengingat wilayahnya yang berdekatan dengan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, jadi terkena imbas ramainya.

Melihat Tangerang ini ane jadi teringat satu sinetronnya yang bagus, Si Doel Anak Sekolahan, yang kental sekali budaya Betawinya. Meski nonton berkali-kali tak ada bosan.

Satu hal yang teringat lagi di benak ane adalah cuaca daerah pinggiran Jakarta yang full polusi dan panas. Apalagi cuaca panas seperti sekarang ya. Kira-kira enaknya ngapain ya di cuaca panas? Yup minum es!

Ane akan menampilkan minuman es khas Tangerang yang enak banget dan bermanfaat baik bagi tubuh, Tak lupa ane menyertakan juga resepnya yang bisa agan sista praktekkan di rumah. Cekidot.


1. Es Kuwut :





Es kuwut adalah es buah yang dikombinasi dengan es buah jenis lain. Berbahan utama kelapa muda atau degan kemudian dicampur dengan melon dan juga biji selasih serta yang paling bikin ane ngeces adalah kesegarannya karena adanya tambahan jeruk nipis, so pasti membuat minuman ini mempunyai rasa yang manis, sedikit asam dan segar.

Satu porsi es kuwut kabarnya hanya dibanderol dengan harga 8 ribu rupiah saja loh GanSist. Enak dan segar juga ramah di kantong ya.

Es kuwut, mengapa disebut kuwut? Kuwut ternyata adalah kelapa. Kalau di jawa populer sebagai kambil ya, kalau muda disebut degan. Dan meski es kuwut ini diklaim asalnya dari Bali, rupanya ngetop di Tangerang juga. Yah gapapa deh.

Mau tau cara membuat es yang segernya merasuk ke dalam sukma ini? Kuy ikutin resepnya, cekidot :


2. Bir Pletok



Sejarah adanya bir pletok bagi masyarakat Tangerang atau suku Betawi adalah sebagai penangkal adanya miras yang dikonsumsi penjajah Belanda. Seperti kita tahu bagai pemeluk agama islam, miras dilarang jadi untuk membuat tandingan, dan halal juga malah menyehatkan, dibuatlah bir pletok ini.

Pletok, unik bin lucu ya namanya GanSist. Begini sejarahnya kenapa disebut bir pletok. orang-orang Betawi dahulu membuat minuman bir ini ditaruh di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak pletok. Menirukan bartender ya, tapi memakai bumbung. Dari situlah asal usul nama bir pletok berasal. Wealah gitu toh!.

Bir pletok yang tidak mengandung alkohol sama sekali ini, terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan, malahan, bir pletok ini merupakan minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Di Tangerang Selatan ada bir plethok dengan merk Bang Plethok yang sangat terkenal.

3. Sirup Rosella




Sirup rosella adalah produk minuman khas olahan IKM Kabupaten Tangerang yang tengah dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan es batu kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, asam sedikit dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh. Top banget ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar