Senin, 20 Juli 2020

Travelingkuy88 - KULINER JADUL DAERAH TANGGERANG LEGEND

TRAVELINGKUY88 - KULINER JADUL DAERAH TANGGERANG LEGEND Membicarakan tentang kuliner memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari mulai jajanan jadoel hingga yang kekinian, setiap harinya orang terus berinovasi. Nah, walaupun jaman terus berubah, rupanya masih ada banyak orang yang mencintai kuliner jadoel.

Ada yang hanya bernostalgia dengan masa kecil ataupun karena terlampau suka bahkan susah move on. Setiap daerah mempunyai makanan tradisional dengan ciri khasnya masing-masing. Begitu pun di kota Tangerang, sudah tahukah Gansist makanan jadoel apa saja? Nggak usah lama-lama, kita cek langsung di sini :

1. Laksa Tangerang


Travelingkuy88 - Laksa makanan tradisional khas Tangerang ini berbahan dasar beras yang dibentuk menyerupai mie putih. Kuah untuk laksa itu sendiri dibuat dengan racikan khusus seperti kuah soto kare, tapi aslinya bukan kare. Teksturnya sedikit kental dan pedas, kalau kalian makan laksa ini wajib hukumnya memakai cabe hijau seperti yang ada di masakan padang. Katanya, kalau tidak pakai itu rasanya akan ambyar.

Saking legendnya makanan tradisional ini di klaim hanya ada di kota Tangerang. Kalau pun ada yang jual di luar sana, rasanya tidak akan sama.

2. Kecap benteng


Kecap Benteng atau Siong Hin pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Cina Benteng yang ada di Tangerang. Lo Tjit Siong adalah pendiri pabrik yang memproduksi kecap ini. Lalu diteruskan oleh keturunannya, walau sudah banyak jenis dan merk kecap di jaman now. Kecap benteng masih menjadi primadona masyarakat di tangerang.

Ternyata kecap ini lumayan legendaris, karena sudah populer sejak tahun 1920. Teksturnya yang manis tidak berlebihan, tidak kental dan tidak encer juga. Menjadi daya tarik tersendiri bagi pecintanya, kalau kalian beli jajanan di pedagang kaki lima. Kecap ini pasti bakal mudah kalian temukan.

3. Sate Ayam H.Ishak


Jangan tertipu dengan tampilan warung dan penyajiannya yang sederhana. Warung sate ini sudah ada sejak 1954 dan tidak pernah sepi pengunjung. Banyak orang ketagihan menyantap makanan satu ini, perpaduan daging ayam yang lebut dengan bumbu kacang yang gurih sangat memanjakan lidah.

Warung sate H. ishak bukan hanya menyajikan sate ayam sebagai hidangan andalan. Ada juga menu sate dari telur muda yang tak kalah menggoda. Selain itu harga yang murah dan porsinya banyak, akan sangat diburu oleh para pecinta kuliner.

4. Es poden


Selain Es Buntin, ada juga warung es podeng yang telah populer sejak puluhan tahun lalu. Dikenal dengan nama Es Podeng DP Varia, warung es ini konon telah ada sejak 1990-an di kawasan Pasar Lama Tangerang. Nama DP Varia sendiri diambil dari lokasi tempat berjualan yang berada di depan toko kosmetik Varia.

Sesuai namanya, warung ini menyajikan hidangan es podeng sebagai andalannya. Tak jauh berbeda dari es podeng lain, es ala DP Varia terdiri dari serutan es dari santan dan kelapa muda, roti tawar, sagu mutiara, tape singkong, dan susu kental manis cokelat. Dijual seharga Rp 7 ribu per porsinya, Es Podeng DP Varia cocok disantap untuk mendinginkan tenggorokan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar