Minggu, 19 April 2020

10 Kuliner Vietnam Yang Bakal Bikin Kamu Ngiler


Travelingkuy88 - Pernah traveling ke beberapa negara di Asia Tenggara jujur kalau soal makanan, Vietnam menduduki peringkat paling atas di list saya. Makanan Vietnam terkenal karena menggunakan bumbu-bumbu alami, bahan-bahan segar, dan tidak banyak minyak. Maka dari itu makanan dari negara tersebut merupakan salah satu makanan paling sehat di dunia, tak terkecuali street foodnya. Saya memang lebih senang mencoba street food ketika traveling. Banyak makanan pinggir jalan apalagi di sekitar kawasan untuk turis. Selain enak, harganya pun terjangkau lho! Berikut ini kuliner Vietnam yang saya rekomendasikan untuk kamu coba:
10 Kuliner Vietnam Yang Bakal Bikin Kamu Ngiler


Bahn mi adalah sandwich baguette yang diisi dengan sayuran hijau dan pilihan isian lain termasuk pate dan daging babi atau sapi. Rotinya harus renyah di bagian luarnya. Sebelumnya Vietnam sempat dijajah oleh Perancis dan sandwich ini pun merupakan salah satu kuliner yang dipengaruhi oleh negara penjajahnya.


Pasti tahu donk dengan jenis mie yang sangat populer ini. Biasanya mie kuah ini memiliki kaldu sapi kemudian dicampur mie yang terbuat dari beras dan juga potongan daging sapi. Di Vietnam, pho dimakan sebagai sajian sarapan, tapi untuk makan siang atau malam juga bisa kok.



Kelihatanya sih seperti nasi campur. Biasanya dihidangkan dengan daging sapi atau daging babi panggang. Kalau di Indonesia biasanya dikasih sambel, di Vietnam dikasih saus asam manis.


Mirip banget sama kembang tahunya Indonesia. Tahu lembut berbentuk seperti pudding ini dicampur dengan gula merah dan jahe. Cocok untuk disantap sebagai dessert di sore hari.


Banyak juga makanan Vietnam yang dihidangkan dalam mangkuk tanah liat atau claypot seperti claypot ayam ini. Cara masaknya juga bervariasi, bisa ditambah dengan kecap asin, bawang, cabe, ataupun sayuran lainnya.


Mirip dengan pho, bun bo hue juga merupakan hidangan berkuah yang menggunakan bihun atau mie beras. Kaldunya terbuat dari tulang sapi dan minyak cabe pedas yang ditambahkan saat proses memasak. Isinya ada irisan daging sapi, jeruk nipis, ketumbar, bawang merah. Nah khasnya dari mie kuah ini yang mungkin kurang cocok dengan lidah orang Indonesia adalah adanya tambahan darah beku berbentuk kubus dan warnanya coklat tua.


Ya di mana-mana biasanya pasti ada makanan berbentuk barbecue. Di Vietnam juga kamu bisa memanggang daging, tapi bentuk panggangannya saja yang sedikit berbeda.


Ini nih khasnya Vietnam! Kopi Vietnam bahkan sudah mendunia lho! Cara seduhnya juga menggunakan teknik tetesan atau dripping. Di bawah gelasnya ada susu kental manis. Kopi Vietnam terkenal dengan rasa kopinya yang sangat kuat. Kalau bukan peminum kopi, mungkin bisa kaget dengan rasanya. Sebaliknya, penyuka kopi bakal suka dengan kopi kaya rasa ini.


Spring roll atau Bahasa Indonesianya lumpia adalah makanan favorit saya di Vietnam. Saya sih lebih suka yang digoreng. Isinya berupa daging cincang, udang, wortel parut kadang ada mie juga di dalam. Tekstur sausnya agak kental dan manis juga, perpaduan yang cocok deh!



Kelihatanya seperti lumpia juga, bedanya dengan yang ini yaitu kamu bisa membuat gulungan kamu sendiri. Biasanya isiannya ada wortel, mentimun, daging, gorengan, atau telur. Kamu tinggal ambil rice paper atau kulit berasnya kemudian tambahkan bahan yang kamu inginkan. Setelah itu tinggal gulung dan celupkan ke sausnya.

Nah itulah 10 makanan yang bisa kamu coba kalau ke Vietnam. Kira-kira yang mana yang bakal jadi favorit kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar