Minggu, 26 April 2020

Tempar Liburan Dengan Bisa Menikmati Panorama Yang Indah


Travelingkuy88 - Berbicara mengenai destinasi di Bali, maka tidak luput dengan panorama alam yakni pantai yang sangat lekat dengan daerah ini. Pantai-pantai yang berjejeran begitu menawan dan menyajikan keindahan cakrawala ketika senja maupun ketika sang fajar terbit. Namun di lain sisi, Pulau Dewata juga menyimpan bentang danau yang tak kalah apik. Salah satunya adalah Danau Bedugul.

Danau Bedugul yang lebih populer disebut dengan nama Danau Beratan ini terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Kurang lebih berkisar 55 km dari Denpasar. Suasana di sekitar Danau Beratan ini bisa dibilang dingin dan sejuk karena tempatnya berlokasi di sekitar 1.240 meter di atas permukaan laut. Suasananya seperti ketika berkunjung di Telaga Sarangan yang terletak di Magetan, Jawa Timur. Karena hawanya begitu sejuk dan ditemani jejeran gunung serta pepohonan yang rindang.



Danau ini terbilang unik daripada danau yang lainnya karena di tengah danau terdapat Pura dengan ornamen khas Bali yang menawan ketika dilihat dari perahu. Tampak cantik ketika pura itu dipandang. Pura itu bernama Pura Ulun Danu Bratan Bedugul. Kawasannya yang begitu rapi dalam tatanan ruang serta nampak bersih dengan pepohonan cemara mengecup manis pemandangan.

Para wisatawan berdatangan dengan alasan yang tak lain yakni ingin mengintip keindahan pura di tengah danau. Pemandangan ini pernah dimuat di uang Rp 50.000 edisi lama. Nampaknya memang begitu, selain digunakan sebagai tempat peribadatan, tempat ini juga digunakan sebagai sarana pariwisata untuk masyarakat lokal atau pengunjung asing. Dengan bangunan pura khas Bali yang memiliki atap menjulang, penganut agama Hindu sendiri menyakini tingkatan tersebut tersusun atas 11 tingkat dipercaya Dewa Wisnu, 7 tingkat Dewa Brahma, dan 3 tingkat Dewa Siwa 


Para wisatawan juga dapat bermain speed boat dengan merogoh biaya sebesar Rp 100.000 dengan kapasitas 4 orang dan Rp 185.000 untuk kapasitas 8 orang dalam satu kali putaran. Dan untuk memasuki Pura Ulun Danu Bratan serta ingin berfoto ria cukup membayar Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Serta untuk biaya parkir motornya seharga Rp 2.000 dan roda empat seperti bus Rp 10.000.

Fasilitas yang disediakan di antaranya tempat parkir yang memadai (cukup untuk rombongan wisatawan), toilet, dan taman untuk anak-anak. Terdapat juga hewan peliharaan seperti rusa dan kijang.

Ketika para pengunjung ingin menaiki speed boat, hendaknya berpakaian yang agak tebal agar dapat menahan angin. Lokasinya juga berada di daerah perbukitan membuat angin di sini sangat sejuk. Dan untuk mengantisipasi datangnya hujan yang tak diundang, maka para pengunjung disarankan untuk membawa payung atau jas hujan

Sementara itu Telaga Sarangan hanya menyediakan speed boat saja, namun di Danau Beratan ini dapat menjajal permainan air seperti parasailing dan kano. Pemandangan yang disajikan ketika mengapung di tengah danau dan menikmati keindahan Pura Ulun Danu Bratan Bedugul sangatlah apik.

Untuk para wisatawan yang enggan pulang atau berniatkan menginap di sekitar danau, terdapat pula penginapan seperti villa maupun hotel dengan fasilitas yang memadai.

Jika wisatawan datang kemari di hari baik menurut masyarakat Bali, maka akan bertemu masyarakat Bali yang sedang melakukan peribadatan ataupun upacara keagamaan mereka dengan menyajikan sesaji untuk tempat yang dianggap suci bagi masyarakat Bali. Para wisatawan juga harus menjaga toleransi dan menjaga pula sopan santun ketika berkunjung di destinasi nyentrik satu ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar