Senin, 14 Desember 2020

10 Alasan Liburan Ke Derawan Island

Travelingkuy99 - Derawan di Kalimantan Timur terkenal akan pesona alam bawah lautnya yang indah. Setidaknya ada 10 alasan kenapa kamu wajib berkunjung ke sana.

Pesona alam Derawan tak diragukan lagi, indahnya tak kalah dengan Raja Ampat. Bagi yang belum ke sini, artikel ini bakal kasih 10 alasannya. Simak ya!

1. Penginapan di Atas Laut ala Maladewa

Kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini punya daya tarik dari penginapan yang berada di atas air. Lokasi penginapan ini berada di bibir pantai, penginapan ini mirip seperti yang ada di Maladewa dengan pesona bawah lautnya yang jernih. Di Kepulauan Derawan yang katanya mirip Maladewa adalah Pulau Maratua.

2. Melihat Spesies Terumbu Karang Terbanyak Kedua di Indonesia

Kepulauan Derawan kaya akan terumbu karang, spesies terumbu karangnya terbanyak kedua setelah Kepulauan Raja Ampat. Spesies terumbu karang ini sebanyak 460 sampai 470 spesies.

3. Spot Diving yang Mendunia

Panorama bawah laut Kepulauan Derawan tidak diragukan lagi, keindahannya tidak hanya digemari oleh diver Indonesia, melainkan sampai mancanegara. Titik diving yang terkenal di Kepulauan Derawan antara lain, yakni: Blue Light Cave, Coral Garden, Snapper Point, Manta Run, Manta Avenue, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, Sandy Ridge, Sherwood Forest, Tuturuga Point, Light house dan Manta Parade.

4. Banyaknya Gugusan Pulau dan Pantai Cantik

Selain Pulau Derawan, terdapat pulau-pulau lainnya yang tak kalah indah. Pulau Derawan salah satu pulau besar dan paling terkenal di Kepulauan Derawan dan ada 3 pulau lainnya, yaitu: Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki.

Setiap pulau punya keindahannya masing-masing dan punya pantai yang cantik dengan hamparan pasir putih dan gradasi air lautnya yang indah.

5. Main Bersama Ubur-ubur Jinak di Pulau Kakaban

Jangan lewatkan bermain ubur-ubur jinak alias tidak menyengat di Danau Kakaban di Pulau Kakaban. Ubur-ubur yang tidak menyengat ini karena tidak adanya predator di lautan, pengunjung bisa memegangnya tapi dengan lembut. Danau Kakaban ini sendiri punya luas 5 kilometer persegi dan kedalaman sekitar 50 meter.

6. Melihat Penyu-penyu Lucu di Pulau Sangalaki

Salah satu ciri khas Derawan adalah penyu, di Kepulauan Derawan ini seperti sarang penyu saking tinggi populasinya. Kamu bisa lihat penyu-penyu lucu ini mulai dari menetas sampai pelepasan ke laut di Pulau Sangalaki, di pulau ini terdapat penangkaran penyu atau tempat konservasi. Pengelolaan ini di pegang oleh KSDA (Badan Konservasi Sumber Daya Alam) Kalimantan Timur.

7. Berenang Bersama Ikan Pari hingga Kuda Laut

Jika kamu beruntung, saat berenang bisa ditemani dengan oleh berbagai fauna laut. Selain berjumpa dengan penyu, kamu bisa bertemu dengan kuda laut, ikan tuna, ikan pari dan berbagai fauna laut lainnya. Berenang bersama ikan-ikan secara beriringan menjadi pengalaman yang tak terlupakan!

8. Menyelami Goa Cantik di Pulau Maratua

Pulau Maratua tak hanya terkenal dengan penginapannya yang mirip Maladewa, melainkan punya goa cantik. Goa ini bernama Goa Haji Mangku, goa ini jadi salah satu tempat favorit untuk diving maupun snorkeling. Keindahan goa ini tampak dari perpaduan bentuk unik goa dan air jernih yang kebiru-biruan. Pintu masuk Goa Haji Mangku ini vertikal atau seperti danau kecil.

9. Berenang di Danau Labuan Cermin

Sesuai dengan namanya danau ini sejernih kaca seakan kita sedang bercermin, danau ini terkenal dengan perahunya yang seperti melayang. Karena saking jernihnya air dan ditambah sinar matahari yang tembus sampai ke dasar danau.

10. Menyantap Seafood Lezat ala Derawan

Setelah menikmati indahnya alam Derawan, kuliner seafoodnya tak boleh dilewatkan. Menu seperti kerang laut, lobster dan udang yang diolah dengan khas Derawan, rasanya nikmat banget! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar