Selasa, 01 Desember 2020

Air Terjun Cantik Ini Namanya Salu Sitammu


 Travelingkuy99 - Menjelajahi Kabupaten Polewali Mandar, seakan tidak pernah lepas dengan potensi wisata alamnya. Yang satu ini sungguh cantik, namanya Salu Sitammu.

Perjalanan saya kali ini, tertuju ke Dusun Passembarang, Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang.

Di daerah ini, terdapat air terjun bernama Salu Sitammu, yang terkenal akan kecantikannya. Oleh warga, Salu Sitammu dapat diartikan sebagai pertemuan sungai.

air terjun salu sitammu dapat dijangkau menggunakan kendaraan roda dua, dengan waktu tempuh kurang sejam, dari Kecamatan Polewali, ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Perjalanan menuju lokasi wisata alam ini, menawarkan keindahan panorama alam khas pegunungan. Melewati kawasan pemukiman warga Desa Batetangnga, yang tampak asri, serta melalui jalan yang membelah areal perkebunan warga.

Sesampainya di Salu Sitammu, mata pengunjung dimanjakan keindahan jejeran air terjun mini, dengan posisi saling berdekatan. Airnya mengalir pada titik sama, menyerupai kolam yang tampak sangat jernih.

Sensasi segarnya udara khas pedesaan sangat terasa di tempat ini, apalagi Air terjun Salu Sitammu, di kelilingi pepohonan besar dengan daunnya yang rindang, dijamin membuat pengunjung betah, untuk berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini.

Keindahan air terjun salu sitammu dengan airnya yang terasa dingin, semakin lengkap, dengan keberadaan bebatuan besar di sekitarnya. Beberapa batu menyerupai dinding yang terbentuk secara alami, cocok sebagai tempat mengabadikan foto-foto yang instagramable.

Kendati keberadaan Air terjun Salu Sitammu sudah cukup lama diketahui oleh warga, namun sayang, perhatian pemerintah akan pengembangan destinasi wisata ini, tampaknya masih sangat minim.

Terbukti, dengan ketiadaan sarana pendukung, serta akses jalan pada beberapa titik yang masih tergolong kurang memadai.

"Menurut saya air terjun ini sangat luar biasa, keren, pemandangannya luar biasa, cuman menurut saya akses jalan menuju ke sini masih susah, fasilitas pendukungnya juga belum ada," ungkap Ansar salah seorang pengunjung.

Salah seorang warga setempat Aminuddin mengatakan, awalnya Air terjun Salu Sitammu, ramai menjadi destinasi kunjungan warga dari berbagai daerah, khususnya saat akhir pekan tiba.

Namun seiring berjalannya waktu, kunjungan ke air terjun ini makin sepi, lantaran banyaknya potensi wisata di daerah ini, yang lebih mendapat perhatian dari pemerintah.

"Dulu selalu ramai, tapi sekarang sudah tidak lagi, karena ada air terjun lain di sini, ada pemandian, makanya sudah tidak ada orang yang ke sini, " ungkapnya.

Nah, bagi warga yang ingin merasakan sensasi berbeda berwisata bersama keluarga, boleh berkunjung ke tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar