Sabtu, 10 Juli 2021

Pangandaran Punya Destinasi Susur Sungai Purba dan Gua Secantik Ini


Travelingkuy88 -  Pilihan destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran seakan tak ada habisnya. Satu yang belakangan ini sedang hits adalah objek wisata Batu Lumpang di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi Pangandaran.

Objek wisata alam yang satu ini menawarkan pengalaman penjelajahan sungai yang indah. Selain itu ada pula penjelajahan gua sedalam 400 meter. Gua Landak namanya.

Seperti objek wisata Citumang yang sudah lebih dulu terkenal, wisata Batu Lumpang juga menawarkan wisata body rafting menyusuri aliran sungai Cijulang yang indah. Banyak yang menyebut Sungai Cijulang ini merupakan sungai purba, karena jenis batuan tebingnya yang eksotis dan air yang jernih.

Sungai Cijulang ini adalah sungai yang mengalir ke Green Canyon atau Cukang Taneuh, jadi Batu Lumpang ini adalah hulu sungainya. Tak kalah indah dan jernih," kata Yadi Rai salah seorang pengelola objek wisata Batu Lumpang Pangandaran, Sabtu (10/7/2021).

Selain menawarkan wisata body rafting, Batu Lumpang juga menawarkan penjelajahan sungai dengan menggunakan kano atau perahu kecil. Kano memungkinkan ditumpangi oleh dua orang, meski idealnya hanya satu orang.

"Selain body rafting, bisa juga menggunakan kano. Jadi tak selamanya berendam di air kalau pakai kano," kata Yadi.

Di samping eksplorasi keindahan sungai, di jalur pengarungan sungai kawasan Batu Lumpang wisatawan bisa juga menjelajah Gua Landak. "Gua landak dalamnya sekitar 400 meter. Gua ini aman dan tentu saja indah," kata Yadi.

Gua Landak menurut Yadi ditemukan oleh seorang pemburu landak beberapa tahun lalu. "Jadi ada warga yang mengejar landak ke tempat itu, ketika diikuti ternyata sebuah gua. Kemudian kabar adanya gua itu menyebar, lalu oleh warga dieksplore ternyata indah dan dalam," kata Yadi.

Wisatawan yang ingin menjajal Gua Landak tak perlu khawatir, pihak pengelola akan membantu menyiapkan alat penunjang keselamatan dan mendampingi wisatawan.

Objek wisata Batu Lumpang ini juga dilengkapi oleh kawasan rest area dan restoran. Setelah basah-basahan mengarungi sungai, perut pasti keroncongan.

"Ada nasi liwet yang bisa dimasukkan dalam paket wisata Batu Lumpang. Kalau rombongan, paket wisata Batu Lumpang harganya Rp 150 ribu/orang," kata Yadi.

Wisata Batu Lumpang dikelola oleh BUMDes Parakanmanggu. Objek wisata ini tahun lalu masuk dalam nominasi destinasi wisata baru yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata.

"Batu Lumpang ini sudah masuk nominasi wisata baru dari Kementerian Pariwisata," kata Yadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar